MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


TUJUAN COPYWRITING ADALAH “MENINGKATKAN PENJUALAN”

Business

Jika Anda membaca judul di atas, dapat dipastikan Anda akan berkomentar SERABA-SERBI BISNIS INTERNET“Ya iyyya, lah”. Kalau begitu, Anda sependapat dengan saya.

Banyak kita melihat dan mendengar iklan yang pada umumnya ditulis dengan kata-kata yang indah, disain yang artistik, iklan TV yang sangat  impressive sampai yang bombastis, dan secara tidak sadar kita menyukainya. Namun, pernahkah ada iklan seperti itu membawa kita membeli suatu produknya? Jika jawabannya “Ya”, berarti iklan itu berhasil menjual.

Iklan tidak dibuat/ditulis agar “disukai”, melainkan mempunyai tujuan akhir, yaitu meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi pemasang iklannya.
Oleh karena itu Claude Hopkins mendefinisikan “copywriting” sebagai: “Salesmanship in Print” (Keahlian Menjual Dalam Bentuk Tercetak). Sementara Judith Charles mendefinisikan: “Copywriter” adalah “A Salesperson behind a Typewriter” (Seorang Penjual Di Belakang Mesin Tik).
Jadi, apa kira-kira persyaratan untuk menjadi seorang “Copywriter” yang menulis text iklan (Copywriting) yang mampu menjual (selling)?

Kadang-kadang, sebuah iklan yang ditulis secara sederhana dan langsung pada sasaran (direct), lebih berhasil dengan baik memenuhi kewajibannya “menjual”. Jika Anda menulis iklan ingatlah akan hal itu, seakan-akan hidup Anda sangat tergantung pada konsep itu.
Konsep tersebut berlaku untuk semua pekerjaan copy writing, untuk iklan, brochure, sales letter, katalog (termasuk e-book) dsb.

Agar hasil copywriting Anda menjual dengan baik, diperlukan sedikitnya 3 (tiga) hal:
1. Dapatkan perhatian prospek Anda;
2. Komunikasikan manfaat produk dan pelayanan/jasa Anda;
3. Bujuk-rayulah prospek Anda agar segera mengambil tindakan (sesuai yang Anda inginkan);
Untuk keperluan itu, Joseph Sugarman – salah seorang copywriter yang berhasil di dunia -, menyatakan bahwa persiapan yang diperlukan seseorang untuk menjadi copywriter profesional memerlukan dua macam pengetahuan, yaitu pengetahuan umum dan pengetahuan khusus. Keduanya berbeda satu dari lainnya.
Pengetahuan Umum:
Copywriter terbaik di dunia kebanyakan merupakan orang-orang yang selalu ingin tahu (curious) tentang berbagai hal, banyak membaca, punya hobby banyak, suka melakukan perjalanan (traveling), kerapkali menguasai berbagai ketrampilan, – karena mudah bosan dengan suatu ketrampilan -, kemudian mencari ketrampilan baru untuk dikuasainya, selalu haus pengalaman dan pengetahuan, memandang orang lain menarik, oleh karena itu dia merupakan “pendengar yang baik”.
Bagaimana dengan Anda …? Apakah Anda termasuk kategori itu? Jika tidak, … sebaiknya Anda segera mulai dan tumbuhkan minat pada berbagai hal di mana pun Anda berada. Ini berlaku seumur hidup.
Pengetahuan Khusus:
Untuk bisa menjual produk Anda, Anda harus menjadi “ahli” mengenai produk yang akan Anda jual. Menjadi “ahli” berarti mempelajari tentang produk yang bersangkutan untuk memperoleh pengetahuan khusus agar Anda dapat memberi informasi yang benar dan nyata tentang produk itu kepada prospek Anda. Mengapa? Karena setiap produk memiliki karakteristik, cirinya masing-masing untuk diinformasikan kepada prospek Anda dengan cara Anda yang khusus pula. Singkatnya, produk Anda memiliki ciri khasnya masing-masing, tergantung pada Anda bagaimana mengetahui pikiran prospek Anda atas produk itu. Nah, pikiran mereka tentang produk itu disebut oleh David Ogilvy “a product’s inherent drama” (drama yang melekat pada produk).
Di samping kedua pengetahuan itu, umum dan khusus, Anda juga dituntut untuk memiliki “kunci” lainnya yang disebutinside knowledge(pengetahuan di dalam), yang dimaksukan adalah pengetahuan tentang keadaan, karakteristik, keinginan, kebutuhan di dalam target market (pasar sasaran) yang ingin Anda jangkau, yaitu sekelompok perorangan kepada siapa Anda akan menjual produk Anda.
Anda perlu menjadi ahli dalam hal “pikiran pasar sasaran Anda tentang produk Anda”. Anda perlu melibatkan diri dengan mereka, perlu mengetahui apa yang membuat pasar sasaran Anda mengeluarkan uang dari koceknya. Kalau Anda mengabaikan hal ini, maka … hhmmm … terlepaslah “ikan” dari kailnya.  Titik.
Jadi … ingat, jangan sampai terlepas ikannya.
Salam,

21 Comments

15 Comments

  1. Server PulsaNo Gravatar  •  Jun 5, 2009 @20:12

    Postingan Informatif, Akan Kami Cobakan Ilmunya

    Terima Kasih

  2. alieNo Gravatar  •  Jun 6, 2009 @10:16

    mantap nih artikelnya, kebetulan lg nyiapin sales letter, jadi bisa untuk tmbahan referensi, thanks

  3. yiamNo Gravatar  •  Jul 16, 2009 @08:59

    mindset dari Copywriter adalah Out of the Box betul tak ?

  4. PROPERTI REVOLUTIONNo Gravatar  •  Nov 2, 2009 @13:14

    Start Action mulai dari sekarang, rencanakan step stepnya, pelajari, tes, evaluasi dan ulangi sampai sukses

  5. Zachary EvansNo Gravatar  •  May 7, 2010 @07:28

    Copywriting is also a skill that takes years of practice to become very effective in advertising what you are selling and ~-;

  6. EdwinNo Gravatar  •  May 17, 2010 @13:58

    Artikel menarik. Saya rasa inti copywriting kemampuan untuk mempengaruhi target sasarannya untuk melakukan aksi atau tindakan spesifik: termasuk di antaranya menelpon, mendaftarkan email, meng-klik link, dsb. Dan saya setuju, persuasi yang tertuang dalam bentuk tulisan tersebut bermuara pada tujuan akhir (penjualan).
    Untuk mencapai tujuan akhir inilah, kemampuan memahami konsumen menjadi faktor kunci berikutnya. Yang selama saya menjadi copywriter, kadang memahami konsumen ini lah yang sering kali terabaikan loh.

    Anyway, thanks for sharing, artikelnya memberi pencerahan. Salam

  7. Jose PerezNo Gravatar  •  Aug 13, 2010 @00:26

    i have been into Copywriting lately and this stuff also requires some writing talent’:-

  8. Katherine CampbellNo Gravatar  •  Oct 1, 2010 @22:37

    i used to do copywriting as an alternative income source but it is quite tiring,.~

  9. Amp Accessories No Gravatar  •  Oct 19, 2010 @03:23

    copywriting is my other job and it actually pays well just like my day job:’`

  10. Led Spots ·No Gravatar  •  Nov 8, 2010 @17:30

    copywriting is sometimes a hardwork and you need to work a lot for it `

  11. cerita lucuNo Gravatar  •  Dec 21, 2010 @03:58

    manjur gan setelah saya praktekin step by step pengunjung blog saya mulai bertambah…

  12. LehmannNo Gravatar  •  Dec 25, 2010 @09:07

    Saya ikut merasa senang jika ada yang mendapat manfaat dari artikel saya. Selamat ya, semoga sukses terus.

  13. Water ContainerNo Gravatar  •  Jan 25, 2011 @06:46

    “”` I am very thankful to this topic because it really gives up to date information ‘”.

  14. queens car dealershipsNo Gravatar  •  Jun 24, 2011 @23:30

    We were doing a search and came across this site. Have to say that this information is on point! Keep it up. We will be reading your articles

  15. dintaraNo Gravatar  •  Jul 20, 2011 @16:41

    kebetulan lagi cari artikel tentang copy writing, nemu artikel ini terima kasih banyak infonya…

6 Trackbacks

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>