MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


SEBERAPA BESAR HASIL UPAYA ANDA MENUJU SUKSES?

Enterpreneurship

Dalam upaya mencapai sukes di bidang apapun, Anda dihadapkan pada beberapa persyaratan (conditions). Acapkali persyaratan itu sekilas terlihat “mudah”, tapi dalam kenyataannya tidak semudah tampaknya. Pernahkah Anda terfikir untuk mengukur atau mengkaji hasil upaya Anda untuk mencapai SUKSES? Anda pasti sering mendengar atau membaca bahwa salah satu persyaratan itu adalah KERJA-KERAS (Hard Work), di samping PENGETAHUAN (Knowledge) dan PERILAKU (Attitude). Hal itu Anda kenal juga dalam dunia pendidikan yang pada dasarnya bertujuan mencetak tenaga kerja yang “terlatih”, “berpengetahuan lebih luas” dan “perilaku”-nya berubah yang menjadikannya “tenaga kerja profesional”.
Tapi bagaimana Anda mengukur HASIL kerja-keras Anda dan PERAN pengetahuan dan perilaku Anda dalam hubungan dengan upaya mencapai SUKSES tersebut?
Dalam salah satu artikel terdahulu, untuk mencapai sukses memerlukan kerja-keras tanpa henti, dan dalam artikel lainnya, cita-cita Anda untuk sukses menjadi “pelaku terbaik” (best performer), bisa juga dicapai melalui latihan, … latihan, … dan … latihan. Latihan pun tidak serta merta mengubah Anda menjadi orang sukses, melainkan masih tergantung pada perubahan perilaku Anda untuk menjadi orang sukses.
Sukses itu sendiri sangat subjektif penilaiannya, tergantung pada masing-masing individu Anda. Walau begitu, ada satu hal yang bisa Anda pegang sebagai “pedoman”, yaitu SUKSES itu adalah suatu hasil yang memberikan kebahagiaan dan kepuasan “sesuai harapan Anda”, yang sangat bersifat kualitatif, sehingga sukar untuk dinilai secara kuantitatif.
Karena penilaian sukses itu bersifat subjektif, maka ukuran hasil kerja-keras pun jadi subjektif, begitu pun halnya dengan penilaian atas peran pengetahuan dan perilaku Anda dalam mencapai sukses itu. Jangan khawatir, ada satu petunjuk kuantitatif, yang minimal dapat Anda jadikan pegangan, … sekedar pegangan, mengingat petunjuk ini terlihat bagaikan sekedar “permainan angka”. Jadi …, boleh percaya, boleh tidak.

SERBA-SERBI BISNIS INTERNETAnda dapat melihatnya dari tulisan terlampir dalam format pdf (e-book) yang aslinya diperoleh dalam bentuk email dari maillist-group di mana saya menjadi anggota.
Tulisan itu aslinya berjudul The Beauty Of Mathematics and the Love Of God. Silahkan lihat dulu … Nah …, Selamat Menikmati. Jadi …, Di samping KERJA KERAS, PENGETAHUAN dan PERILAKU, … ada PERAN KASIH SAYANG TUHAN dalam pencapaian Sukses Anda. Kesimpulan Anda?

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>