MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


PLUS MINUS BISNIS AFILIASI

Business

Jika Anda sering menjelajahi internet dari satu situs ke situs lainnya, saya yakin anda acapkali melihat tawaran Affiliate Program bagi produk mereka. Bisnis (Online) yang dilakukan dengan Affiliate Program inilah yang saya maksud dengan Bisnis Afiliasi (Affiliate Business).
Sebagaimana bisnis lainnya Produk Online pun memerlukan tenaga pemasaran. Dalam hal Affiliate Program, tenaga pemasaran terdiri dari orang-orang yang bertindak sebagai Business Affiliates atau Affiliate Merchant. Intinya, Affiliate Merchant merupakan perangkat pemasaran dengan status partner, disebut juga sebagai Reseller.
Bisnis Afiliasi memiliki nilai plus maupun nilai minus seperti halnya juga dengan bentuk bisnis lainnya.

NILAI PLUS.
Suhu Bisnis Internet Yang Paling Direkomendasikan, dalam blognya jokosusilo.com seringkali menulis tentang Bisnis Afiliasi ini, dalam salah satu artikelnya antara lain:
Dengan mengikuti affiliate program, Anda tidak perlu memiliki situs web sendiri untuk menghasilkan uang, cukup bergabung dengan situs-situs web yang menawarkan program seperti ini.

Nilai Plus lainnya:

  • Anda tidak perlu repot membuat produk. Tugas anda hanya mengantarkan pembeli pada penjual.
  • Anda bisa memilih berbagai Affiliate Program sesuai dengan keinginan dan minat Anda. Anda bisa punya banyak sumber penghasilan dari berbagai bisnis yang berbeda.
  • Komisi yang ditawarkan program ini biasanya relatif tinggi. Antara 10%-95%.
  • Anda bisa jadikan Affiliate Program sebagai sumber pendapatan pasif. Anda hanya perlu tinggal di rumah, tidak perlu kemana-mana. Dan, uang akan datang sendiri. Yang penting Anda tetap berpromosi. Atau bahkan, Anda masih bisa mengerjakan kegiatan offline Anda.

Anda pernah mengamati atau mengalami SISI NEGATIF-nya?

  • Karena Anda tidak memiliki produk sendiri, hasil penjualannya sangat tergantung pada tingkat penjualan produk orang lain yang berhasil Anda capai;
  • Ketergantungan tingkat penjualan Anda sangat erat dengan upaya pemasaran yang Anda lakukan – semakin sedikit upaya promosi Anda, semakin kecil peluang penjualannya, – bukan berarti jika Anda punya produk sendiri, tidak perlu melakukan promosi -. Upaya Promosi … Tetap … Harus Dilakukan !!!
  • Upaya promosi yang Anda lakukan untuk bisnis afiliasi, tidak mustahil … justru … mengantarkan “calon pembeli” ke situs principal merchant (pemilik produk) – dengan demikian Anda tidak memperoleh komisi yang seyogyanya Anda peroleh;
  • Dengan demikian, peluang untuk “ditinggalkan” oleh calon pembeli, jauh lebih besar ketimbang jika Anda punya produk sendiri – Mengapa ? Karena calon pembeli dapat dengan mudah “mengenali” link atau URL bisnis afiliasi;
  • Pemasaran bisnis afiliasi membutuhkan kejelian dan kemahiran serta kaya akan trik dan taktik “copywriting” – untuk itu Anda perlu banyak berlatih menulis copywriting, banyak mengamati iklan dan text promosi produk lainnya baik untuk mengenal “kebutuhan konsumen” maupun mengamati “produk serupa/sejenis” yang bisa jadi merupakan “pesaing”;
  • Selama kemahiran itu belum Anda kuasai, jangan terlampau berharap penjualan bisnis afiliasi Anda akan meningkat lebih pesat;
  • Dengan demikian Anda harus memiliki kesabaran lebih besar, dibanding jika Anda memiliki produk sendiri.

Tapi …, jangan dulu kecil hati, – jangan malah takut mulai ACTION untuk Bisnis Afiliasi -, sebab sebagaimana Greg Phillips-Benjamin Disraeli mengatakan … “ACTION may not always bring SUCCESS, but there is NO SUCCESS WITHOUT ACTION”. Maka … pasti ada solusinya.

Bagaimana SOLUSINYA?
Anda bisa belajar banyak, – seperti yang saya pelajari juga -, dari Blog JokoSusilo, – khususnya artikel yang satu ini yang antara lain memberikan “jurus” agar membuat “differensiasi” website seperti yang dilakukan Formula Bisnis Online, – meskipun harus diakui untuk ini perlu ketrampilan yang cukup tinggi, – saya tahu mengenai hal ini karena saya sendiri masih mencoba membuat affiliate website -, dan saya sendiri sudah “berkunjung ke situs tersebut. Komentar saya: “Hebat, … memang hebat”, dan saya yakin dia akan cepat berhasil.

6 Comments

6 Comments

  1. grandchiefNo Gravatar  •  Feb 11, 2010 @18:55

    artikel yang bagus pak,bisa menumbuhkan semangat untuk menjadi seorang affiliate

  2. humainiNo Gravatar  •  Feb 28, 2010 @22:02

    wah bagus bangat artikelnya pak.

    salam sukses pak ^^!……

  3. DAPATKAN BONUS BESAR.. !No Gravatar  •  Mar 2, 2010 @10:38

    postingnya bagus sekali,jadi masukan buat saya. trim pak salam sukses.

  4. Ki SadrakhNo Gravatar  •  Apr 17, 2010 @15:27

    Postingnya/artikelnya bagus sekali membuat saya semakin semangat untuk bisnis afiliasi.Dari sini saya sebagai pemula memulai bisnis online.
    Matur nuwun.

  5. AmyNo Gravatar  •  Apr 19, 2010 @09:12

    wah bagus bangat artikelnya pak.

    salam sukses pak ^^!……

  6. MichelleNo Gravatar  •  Apr 20, 2010 @07:07

    artikel yang bagus pak,bisa menumbuhkan semangat untuk menjadi seorang affiliate

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>