MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


PENTINGNYA PENGARUH “COPY WRITING” TERHADAP “PENJUALAN”

Business

Jika Anda ingin berjualan secara online, jangan beranggapan bahwa berjualan melalui Internet adalah pekerjaan ringan.

Berbeda dengan berjualan retail offline pada umumnya, berjualan secara online (e-retailer) memiliki tuntutan dan tantangan tersendiri. Bahkan, tantangannya lebih sulit dibanding dengan melayani pelanggan offline, mengingat Anda menghadapi pelanggan di dunia “maya” – tidak berhadapan langsung dengan pelanggan. Namun kesulitan itu bukannya tidak dapat diatasi.

ForeSee, mengungkapkan hasil surveynya mengenai “online retail” yang menyatakan bahwa hanya Amazon dan Netflix yang merupakan online retailer terbaik dengan nilai di atas 80 (yang dinilai oleh American Consumer Satisfaction – University of Michigan, nilai 80 adalah Standar Kepuasan yang baik). Sementara yang lainnya, pada umumnya hanya berada di bawah nilai (score) 69.

Secara umum, berjualan atau berdagang, memerlukan beberapa ketentuan agar berhasil, antara lain:
1. Merchandize, yakni ketersediaan produknya, keragaman jenis produknya serta daya tarik produknya;

2. Functionality, yaitu fungsi dan keragaman fitur dari produk yang beragam pula, manfaatnya bagi pembeli serta kemudahan pemakaiannya atau peng-“operasi”-annya (user friendly);

3. Content, atau isinya – dalam hubungan dengan produk online, adalah isi situsnya yang menunjukkan kecermatan (accuracy), berkualitas (quality) serta mutakhir (up-to-date), mudah dicerna serta mengandung kebenaran.

4. Price,  harga produk yang ditawarkannya wajar  serta tingkat harganya bersaing dengan produk lain yang sejenis.

Nah, kepuasan pelanggan itulah, bukan hanya pelanggan online retail melainkan juga di dunia offline, yang membawa mereka “kembali” untuk membeli,  – menjadi “repeat buyer” atau singkatnya “repeater“;

Merchandizing:

Bagaimana pelanggan akan berbelanja kembali dari Anda, jika produk Anda hanya ada satu jenis? Atau pada saatnya “dipesan”, tidak lagi tersedia. Di Indonesia, pada umumnya, daya tarik untuk membeli suatu produk terletak pada “hadiah” atau “bonus”-nya. Dua produk yang serupa dari dua pesaing yang berbeda, memberikan hadiah atau bonus yang berbeda. Yang menawarkan bonus paling menarik berpeluang lebih besar untuk memenangkan persaingan. Daya tarik lainnya, adalah pelayanan purnajual. Pelanggan mendapatkan “pelayanan” extra (tanpa bayaran extra), berupa tuntunan (guidance) atau petunjuk lainnya agar dapat meng-“operasi”-kan produk yang telah dibelinya.

Functionality:

Bagaimana pelanggan akan kembali membeli, jika ternyata produk yang dibelinya berfungsi tidak sesuai dengan yang dinyatakannya. Atau ternyata sukar pemakaiannya atau aplikasinya, dengan kata lain “tidak user friendly”.

Content:

Dalam hubungannya dengan online-product (yang pada hakekatnya berbentuk informasi, misalnya suatu program, software) yang bersifat “maya” sangat memerlukan “penjelasan” yang lengkap (comprehensive), cermat (accurate), mutakhir (up-to-date) dan benar (correct). Tentu saja, dengan penjelasan yang “memikat” sehingga “mampu menjual” (selling). Nah, di sinilah Anda perlu memiliki penguasaan copy-writing.

Price:

Dalam kaitannya dengan penawaran harga, pada hakekatnya, pembeli ingin mendapatkan “harga yang pantas”, terjangkau (reasonable) untuk kualitas produk tersebut.

Adapun daya tarik tambahan, yang pada umumnya “memikat pembeli” adalah discount (potongan harga), hadiah atau bonus, masa berlakunya harga – lewat masa itu harga berbeda (naik), dll.

Akhirnya, di atas  semua itu Anda perlu memperhatikan dan mendengarkan umpan balik (feedback) dari pelanggan perihal keinginan serta preferensi mereka. Pengalaman mereka ketika berada di situs Anda akan menentukan tingkat kepuasan mereka.

Ingatlah, kepuasan mereka akan membawa mereka kembali untuk belanja dari Anda.

Salam,

5 Comments

4 Comments

  1. Wawan PurnamaNo Gravatar  •  Jan 20, 2009 @11:45

    Pembahasan yang menarik Mas.. saya sendiri pernah mengulasnya, tapi sebatas intoduction saja..

    http://wawanpurnama.com/2009/01/07/copywriting-bernilai-jutaan-rupiah-bahkan-lebih/

  2. LehmannNo Gravatar  •  Jan 20, 2009 @12:58

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, mas Wawan. Iya, saya sudah baca juga ulasan mas Wawan. Sekarang, saya sedang mempersiapkan lanjutannya. Masih banyak yang bisa kita tulis perihal copywriting, mas.

  3. abdal malikNo Gravatar  •  Jan 21, 2009 @23:50

    Dan…
    member-friendly maupun costumer-friendly diperlukan untuk peningkatan hasil bisnis kita.

  4. LehmannNo Gravatar  •  Jan 22, 2009 @09:57

    Terima kasih mas Abdal atas kunjungan dan komentarnya. Betul sekali member-friendly dan customer-friendy malah harus dirancang sejak awal merencanakan produknya.

1 Trackback

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>