MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


PENTINGNYA DISAIN GRAFIK DALAM PENAMPILAN SITUS ANDA

Advertising

Sangat mungkin Anda menilai bahwa disain grafik merupakan hal yang misterius dan boleh jadi tak terbayangkan sama sekali. Padahal tanpa disadari, sehari-hari Anda selalu terlibat dengan hal yang berkaitan dengan disain, semisal mengatur perabot rumah, menata taman, memilih model baju, celana, sepatu dsb.
Maka, selayaknya tidaklah sukar untuk Anda menentukan rancangan produk maupun layanan (service) yang ingin Anda jual atau Anda tawarkan di situs Anda.

Sekarang, mari kita coba memahami pengertian tata-letak (layout) yang merupakan dasar daripada disain grafik.

Layout mengandung pengertian memadukan antara unsur-unsur cetakan huruf (typography), seni (art) dan unsur-unsur lain yang bersifat interaktif, seperti foto, ilustrasi, film/video dsb. untuk ditampilkan di layar (komputer/TV) atau di atas kertas.

Meskipun banyak orang tidak memiliki jawaban atas pertanyaan “Bagaimanakah sebuah layout yang baik?”, sekurangnya ada tiga kriteria yang dapat dipakai sebagai acuan yang dapat Anda ikuti dalam membuat layout suatu situs atau materi pemasaran lainnya.
Sebuah layout yang baik harus efektif Bekerja (work), Menggerakkan (organize) dan Memikat (attract) pembacanya. Agar suatu layout dinilai sebagai “layout yang baik”, ketiganya harus bekerja secara serentak bersama,- bukan hanya satu atau dua.

  • Pertama, agar layout bekerja efektif hendaknya tidak menampilkan teks terlampau panjang, lebih singkat lebih baik, dan dengan cara yang tepat pula. Mengapa? … karena para pengunjung situs umumnya tidak punya cukup waktu untuk membacanya.
  • Kedua, dengan gagasan dan konsep Anda, layout harus mampu menggerakkan para pengunjung situs lain meninggalkannya dan berkunjung ke situs Anda dalam rangka menarik prospek lebih banyak untuk bisnis Anda.
  • Ketiga, yang penting di atas semua itu, layout Anda harus terfokus pada “satu tujuan”, hanya “satu tujuan”. Hal ini sangat penting untuk betul-betul diingat, bahwa “tujuan yang satu” dari tiap layout yang Anda buat itu adalah “Agar pengunjung situs membaca Headline Anda”.

Dari semua perangkat pemasaran yang Anda tulis, unsur terpenting adalah headline-nya. Jika prospek Anda tidak membaca headline-nya, kemungkinan terbesar dia tidak akan membaca kalimat pertama, kemudian melewatkan kalimat kedua, … dan kalimat berikutnya … dan seterusnya. Anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya? … dia meninggalkan situs Anda tanpa membaca satu kalimat pun. Dengan demikian, jerih payah Anda jadi sia-sia. Jadi sekali lagi, headline memegang peran utama untuk menarik minat pembaca.

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>