MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


MENGENAL PELANGGAN LEBIH DEKAT

Marketing

Beberapa waktu lalu dalam blog jokosusilo.com ditampilkan artikel tentang mengenali pelanggan (konsumen) . Dalam pengamatan saya selama berkecimpung dalam blogging sekitar 11 bulan terakhir saya jumpai hal-hal yang menarik untuk berbagi dengan teman-teman blogger.
Pertama-tama saya jumpai bahwa pelanggan atau calon pelanggan serta kelompok pelanggan mempunyai minat yang berbeda satu dari lainnya, termasuk minat pada informasi yang mereka kehendaki.
Hasil pengamatan saya dalam menjelajahi internet dengan maksud “mempelajari” bentuk dan struktur website, khususnya mini website, ternyata hampir semuanya menampilkan informasi yang terstruktur sesuai dengan kelompok peminat informasi itu.
Jika kita bandingkan dengan bisnis offline kira-kira analog dengan “Company Profile” atau sering juga disebut sebagai “Business Profile” yang minimal menampilkan hal-hal yang dibutuhkan berbagai kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok yang orientasinya pada Hubungan (Relationship Oriented) yang ingin tahu tentang siapa Anda, yang berada di belakang layar, bagaimana cara berhubungan dengan Anda dan informasi lainnya mengenai Anda.
  2. Kelompok yang berorientasi pada Informasi (Information Oriented) seperti “fakta”, “data” yang mereka suka membacanya dalam artikel (blog) khususnya mengenai “produk dan fungsinya”-nya, dsb. Di sinilah, agaknya, “review suatu produk” sangat berperan.
  3. Kelompok yang orientasinya pada status (Status Oriented), yang menghendaki informasi tentang siapa pelanggannya, berapa banyak pelanggannya. Tidak kurang pentingnya perihal “hadiah” yang disediakan bagi calon pelanggan yang “mendaftar” atau “membeli”, yang meberikan gambaran “di mana posisi prospek yang bersangkutan” ditempatkan.
  4. Kelompok yang berorientasi pada proses (Process Oriented), seperti jasa dan cara Anda bekerja melayani pesanan, apa yang harus mereka lakukan untuk mendaftar, membeli serta mendapatkan hadiah yang dijanjikannya, dsb.
  5. Kelompok yang orientasinya pada Hasil (Result Oriented), misalnya – apa yang akan diperoleh kalau sudah mendaftar atau membeli produknya, apa saja manfaatnya, dsb. Di sinilah agaknya testimonial dan pernyataan kepercayaan sangat berperan.

Yang kemudian timbul adalah pertanyaan yang perlu Anda jawab: “Sudahkah situs Anda memenuhi informasi yang mereka butuhkan dengan berbagai perbedaan tersebut?”
Acapkali …, kalau pun Anda telah memberikan informasi yang mereka inginkan atau mereka butuhkan, … ternyata … informasi yang Anda sampaikan menggunakan media komunikasi yang salah. Maka perlu diketahui bahwa …

  • Sebagian prospek Anda lebih suka informasi yang “terlihat” (visual), tertulis, ilustrasi, gambar, foto dan sejenisnya;
  • Sebagian lagi lebih suka informasi yang “terdengar” (auditorial) – maka Anda dapat menggunakan musik atau informasi audio;
  • Sebagian lainnya lebih suka pada informasi yang “terlihat dan terdengar” (audio visual) – maka Anda dapat menggunakan video / CD;

Ada prinsip belajar – mengajar yang menyatakan bahwa :

  • Hanya dengan mendengar – Anda mudah lupa;
  • Dengan melihat – Anda mudah ingat;
  • Dengan mendengar dan melihat – Anda mudah ingat dan … melekat;
  • Dengan berbuat (action) – maka … Anda dapat melakukannya.

Kesimpulannya: Kebanyakan dari kita melakukan kekeliruan yang tidak kita sadari, – Jika seseorang meminta Anda menceritakan tentang “Jasa atau barang yang Anda Tawarkan” … Anda menganjurkannya agar “membaca” informasi.
Yakinkan bahwa hal itu tidak lagi Anda lakukan. Sebagai solusinya: Buatlah isi situs Anda mengandung informasi yang “menjawab” kebutuhan prospek Anda (Relationship – Information – Status – Process – Result).
Kuncinya adalah : Prospek anda perlu mengetahui “Bagaimana Anda Membantu Mereka”, jadi berilah mereka pengetahuan tentang bisnis Anda dengan Isi Situs (content) yang mereka butuhkan, jika Anda tidak ingin kehilangan prospek Anda.
Sebagaimana yang mungkin telah Anda pelajari tentang Prinsip Pemasaran, yaitu :  “Memecahkan Masalah yang dihadapi Konsumen“.

2 Comments

2 Comments

  1. humainiNo Gravatar  •  Mar 9, 2010 @23:24

    PERTAMX ^_^
    benar sekali Mas Lehman
    ini saya ambil dari Kesimpulan Mas.
    (Kebanyakan dari kita melakukan kekeliruan yang tidak kita sadari)

    semua keinginan dan kemauan dari hati.
    apabila kita yakin kita pasti bisa ^_^
    tq.

  2. Corie ManusNo Gravatar  •  Aug 31, 2010 @07:51

    Fed up with obtaining low numbers of useless traffic for your site? Well i wish to tell you about a brand new underground tactic that makes me personally $900 on a daily basis on 100% AUTOPILOT. I could be here all day and going into detail but why dont you simply check their website out? There is really a excellent video that explains everything. So if your seriously interested in producing effortless money this is the website for you. Auto Traffic Avalanche

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>