MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


MEMILIH TOPIK BLOG ANDA

Enterpreneurship

Pilihlah Topik Blog Anda Agar Berhasil.

Keberhasilan blog Anda merupakan hasil jerih payah serta pengorbanan atas waktu dan upaya Anda.
Apa tolok ukur keberhasilan bagi Anda?
Tiap orang mempunyai tolok ukur yang berbeda mengenai keberhasilan, tergantung pada “Apa yang menjadi harapan Anda pada saat memulai kegiatan blogging”, bahkan sebelumnya lagi. Minimal pemilik blog mengharapkan blognya banyak pengunjung dan pembacanya, dan tentu saja jika blog itu berkaitan dengan bisnis, maka “penjualan” juga bisa menjadi tolok ukur keberhasilan blog Anda.
Agar blog Anda berhasil ada beberapa tip yang dapat Anda ikuti dalam memilih topik yang akan Anda sampaikan dalam blog yang Anda harapkan akan membawa Anda ke jalur menuju tercapainya tujuan blogging Anda.

  1. Topik yang Anda pilih harus menyangkut hal yang Anda sukai.
    Jika Anda menyukai suatu topik, sudah pasti Anda akan senang hati meng-update blog Anda setiap saat. Blog yang di-update beberapa kali dalam sehari akan dengan mudah mencapai sukses. Jika blog Anda berada dalam jalur sukses, Anda perlu memelihara isi blog Anda selalu “baru” yang berarti Anda perlu meng-update blog Anda secara konsisten. Anda dapat melihat blog jokosusilo yang selalu menampilkan topik-topik baru dalam tempo yang singkat, kadang sehari dijumpai dua topik baru, paling sedikit tiap dua hari ada topik baru. Yakinkan diri Anda bahwa topik yang Anda pilih merupakan topik yang Anda rasakan sangat suka untuk menulisnya. Jika tidak, Anda akan merasa bosan dan tidak bersemangat menuliskannya. Tapi jangan lupa, … topik yang Anda sukai pun harus “disukai” pembacanya. Jadi pilihlah topik yang Anda rasakan akan Anda senangi untuk menulisnya serta disukai banyak orang – untuk jangka waktu yang lama, kalaupun tidak untuk selamanya.
  2. Pilihlah topik yang Anda suka untuk membahasnya dengan orang lain.
    Dalam hubungan ini blog yang sukses mempersyaratkan adanya komunikasi dua-arah, yaitu antara Anda (selaku blogger) dengan para pembaca blog Anda. Jika pembaca blog Anda memberi komentar atas blog Anda atau mengirim email untuk membahasnya lebih lanjut, Anda harus bersikap responsif dan menyambut mereka. Lagi-lagi, ingin saya mengacu pada blognya jokosusilo, yang berhasil “menarik” ratusan ribu penggemar dari komunitas blogger, bukan hanya anggota formulabisnis saja, melainkan yang bukan anggota pun ikut terlibat. Jadi ternyata, komunitas yang Anda ciptakan merupakan kunci ke jalan sukses blog Anda.
  3. Topik yang Anda pilih pun harus Anda rela untuk diperdebatkan dengan orang lain.
    Jika blog Anda berkembang, maka semakin banyak orang yang mendatanginya. Anda harus ingat bahwa para pengunjung blog Anda terdiri dari berbagai kalangan dengan berbagai pendapat. Di antara mereka ada saja yang tidak setuju atas apa yang Anda tulis. Masih merupakan pengamatan saya atas blog jokosusilo, membuktikan bahwa diskusi tentang topik yang ditulisnya serta perdebatan yang “sehat” membawanya ke jenjang sukses.
  4. Janganlah memilih Topik tentang hal yang Anda sendiri merasa sensitif.
    Ketika blog Anda semakin berkembang, dan semakin banyak pengunjungnya, tidak mustahil ada saja pengunjung yang bukan sekedar “tidak setuju” melainkan bersifat “menentang keras” sehingga boleh jadi Anda diserangnya secara pribadi. Saya teringat, suatu ketika blog jokosusilo tidak luput dari “cacian” dan pendapat negatif. Namun, Sang Guru tetap bersikap DINGIN dan mengatasinya dengan jawaban bijaksana yang tidak mempertajam suasana. Agaknya untuk bersikap seperti itu, Anda perlu memiliki hati yang dingin, otak yang jernih … dan … tebal kulit muka (rai gedek, Jawa).
  5. Topik Anda pun harus merupakan hal yang Anda rasakan suka untuk menelitinya.
    Agar blog Anda mencapai sukses, Anda perlu meng-update diri dengan berita, peristiwa dan informasi yang mutakhir tentang topik yang Anda tulis. Dalam suasana dan situasi perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, perubahan informasi demikian cepatnya, sehingga Anda perlu banyak membaca tentang berbagai topik yang menarik. Salah satu aspek yang unik dari blog adalah kemampuannya untuk menyajikan informasi yang segar, isi yang berguna, serta diskusi tentang berbagai topik yang bervariasi. Dengan demikian blog Anda akan mampu menyajikan informasi yang selalu baru dan relevan bagi pembaca Anda, seperti yang dilakukan juga oleh Guru Blogger Joko Susilo yang baru-baru ini menyajikan berbagai trik baru tentang “pemanfaatan” Facebook untuk jejaring Reseller.

Informasi dan petunjuk yang senada seperti di atas, juga dapat Anda baca di blog jokosusilo.com serta dalam Buku-Elektronik (e-book) SMUO (Sistem  Mesin Uang Otomatis) yang bisa Anda peroleh jika Anda mendaftar sebagai anggota Formulabisnis.com

4 Comments

3 Comments

  1. Panduan BloggingNo Gravatar  •  Apr 5, 2010 @14:45

    Kalau saya senang hobi sebagai topik blog saya.

  2. LehmannNo Gravatar  •  Apr 8, 2010 @18:22

    Kalau begitu bagus dong. Pasti Anda sangat suka menulisnya. Trims buat komentarnya. Datang lagi, ya.

  3. humainiNo Gravatar  •  Apr 10, 2010 @23:26

    saya menyenangi dengan topik blog saya.
    tapi saya juga menerima saran dan keritik.

1 Trackback

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>