MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


Membuat Shortcut Shutdown Windows-8

Tips sharing

Jika Anda adalah pemakai Windows-8 mungkin Anda memerhatikan, bahwa untuk  mematikannya (shutdown) perlu melalui beberapa langkah sebagai prosedur yang baku dibuat oleh Windows, sehingga jika Anda dalam keadaan tergesa perlu mematikan komputer Anda, tidak dapat segera mematikannya tapi harus melalui prosedur tadi terlebih dahulu.

Di sini saya ingin berbagi info yang mungkin dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut untuk dapat langsung mematikan komputer Anda di mana perlu, hanya dengan satu langkah saja.

 Prosedur baku

 Anda tahu prosedur baku Windows-8 untuk mematikan komputer sbb.:

  1. Dalam posisi layar pada ‘desktop’, Anda harus menempatkan curser di sudut kiri bawah (agak ditenggelamkan) untuk mendapatkan dan mengklik menu START;
  2. Setelah Anda klik menu START, akan muncul layar menu START di mana terdapat  ID komputer Anda di sudut kanan atas, sebagaimana Anda masukkan saat Anda menginstal Windows-8, jika Anda klik di  atasnya, akan muncul ‘pilihan’ sbb.: -Change Account Picture (jika Anda mau mengganti  gambar ID komputer Anda); – Lock (untuk mengunci komputer Anda agar jangan diganggu orang lain; – Sign Out (untuk keluar);
  3. Setelah diklik pilihan ‘Sign Out’, akan muncul layar lain, di mana ada icon komputer di sudut kiri bawah yang harus Anda klik lagi. Catatan: Langkah ini berlaku jika komputer Anda menggunakan jaringan lokal (LAN), jika tidak, maka langkah ini tidak diperlukan, langsung ke langkah 4. Setelah Anda klik icon komputer itu:
  4. Layar lain akan muncul dengan icon ‘sakelar’ di sudut kanan bawah untuk Anda klik, untuk memunculkan ‘pilihan’, yaitu – Sleep; – Shutdown; – Restart;
  5. Jika Anda pilih ‘Shut Down,’ baru komputer Anda memprosesnya untuk ‘menutup’ (Shutting down) Windows-8. … Cukup panjang ‘kan?

 Prosedur singkat

 Untuk membuat prosedur tersebut lebih sederhana dan singkat, Anda bisa melakukannya dengan membuat icon ‘Shortcut’ untuk menutup (Shutdown) Windows-8 sbb.:

  1. Dalam posisi layar pada ‘desktop’, klik kanan di tempat terbuka dan akan muncul dafar pilihan menu di mana Anda dapat memilih ‘New’;
  2. Maka akan muncul sub-menu, di mana ada pilihan ‘Shortcut’;
  3. Setelah Anda memilih ‘Shortcut’, muncul ‘dialoge-box’ yang meminta Anda untuk mengisi nama shortcut . Ketiklah shutdown /p (shutdown spasi garismiring p) Catatan: spasi antara shutdown dan garismiring jangan dilupakan.
  4. Klik Finish, secara otomatis shortcut yang Anda buat akan terlihat pada layar ‘desktop’ dan pada daftar icon di layar ‘start’. Jika di layar ‘start’ tidak ada, lakukan langkah berikut:
  5. Klik kanan pada shortcut (di layar desktop) yang baru Anda buat dan pilih Pin to Start.

Pada kesempatan berikutnya, jika Anda ingin mematikan komputer, cukup dengan melakukan satu langkah ‘DOUBLE CLICK’ pada shortcut Shutdown pada layar desktop tersebut, komputer akan langsung berproses ‘SHUTTING DOWN’.

SELAMAT MENCOBA.

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>