MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


Kiat Meningkatkan Bisnis Wisata

Enterpreneurship

Bisnis Wisata sangat banyak bergantung pada 3 unsur utama yang masing-masing saling terkait satu dengan lainnya, bahkan saling memengaruhi, sehingga ketiga unsur tadi akan memengaruhi naik turunnya pendapatan (negara / daerah / perusahaan).

Ketiga Unsur Utama itu adalah:

  1. Jumlah Wisatawan (wisnus dan/atau wisman);
  2. Jumlah Belanja Wisatawan;
  3. Lamanya Masa Kunjungan.

Salah satu upaya meningkatkan Pendapatan Bisnis Wisata adalah dengan cara menyelenggarakan Peristiwa (Event) Wisata, – baik bersifat nasional, lokal (daerah) maupun mandiri (oleh perusahaan). Mengapa Event Wisata? Banyaknya Event Wisata dapat memperpanjang Masa Tinggal wisatawan – sekaligus memperbanyak pengeluaran (belanja). Makin lama wisatawan tinggal, maka semakin banyak ia harus membelanjakan uangnya.

Di bawah ini adalah satu contoh upaya meningkatkan Pendapatan Wisata bagi suatu daerah.

KARNAVAL BENDI HIAS DIIKUTI PESERTA DARI AUSTRALIA

Tondano – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dipastikan akan melepas Karnaval Bendi Hias dalam rangka Festival Benteng Moraya guna mensukseskan Pesona Minahasa 2017 pada Minggu 29 Januari 2017 pukul 14.00 Wita mendatang di Kompleks Benteng Moraya Tondano.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi menyampaikan hal tersebut melalui Siaran Pers-nya pada Kamis 26/1 siang tadi.

Dikatakan Tumundo, kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan suasana Kuncikan Taon Baru yang biasa dirayakan oleh masyarakat Minahasa dengan kegiatan yang bersifat rekreasi dan penuh kekeluargaan ini, akan diikuti oleh jajaran pejabat Pemkab dan utusan organisasi serta masyarakat umum sebagai peserta.

Bahkan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi bersama ibu Dr Olga Sajow-Singkoh MHum dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang bersama ibu Jashinta Sarundajang-Paat serta Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi dan ibu Seeve Korengkeng-Warouw telah tercatat akan mengikuti Karnaval Bendi Hias ini, ungkapnya.

Ditambahkan mantan Kabag Humas dan Protokol ini, kegiatan yang menjadi salah satu kalender even dalam mensukseskan Pesona Minahasa 2017 sebagai agenda andalan Pemkab Minahasa di bidang pariwisata dan kebudayaan ini akan diikuti pula oleh peserta yang berasal dari Melbourne Australia.

“Dari sekian peserta yang sudah mendaftar hingga hari ini, tercatat ada peserta yang berasal Melbourne Australia” kata Tumundo.

Sementara untuk Rute yang akan ditempuh, menurut Kabid Kebudayaan Disbudpar Melissa Rondonuwu SP selaku Ketua Panitia, dari lokasi Start di Benteng Moraya Tondano peserta melewati rute Jalan Boulevard, Jalan raya Koya, putar arah di Tugu Tataaran, lewati Jalan Boulevard lagi, belok di Jalan raya Roong, lewat Tuutu, Rinegetan hingga perempatan arah Pasar Tondano, belok kanan menuju Gereja GMIM Sentrum, belok kiri , belok kanan menuju Gereja GMIM Sentrum, belok kanan arah Tugu Tondano kemudian belok kiri masuk Finish di Taman God Bless Minahasa Tondano City.

“Kegiatan ini dinilai oleh Tim Juri, dimana para pemenang akan memperoleh hadiah berupa Trophy dan Uang Tunai, dengan perincian Juara I memperoleh Trophy Tetap Bupati Minahasa dan uang tunai Rp 5 Juta, Juara II memperoleh Trophy Wakil Bupati Minahasa dan uang tunai Rp 3 Juta, dan Juara III memperoleh Trophy Sekdakab Minahasa dan uang tunai Rp 2 Juta” urai Melissa.

Ditambahkannya, semua peserta yang masuk finish akan mendapat kupon Undian Door Prize dan dicari 3 pemenang untuk memperoleh hadiah Handphone Samsung yang bagus.

#INFO-DISBUDPAR-MIN/47B#

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>