MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


KEUNGGULAN IKLAN ONLINE

Advertising

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, baik online maupun offline, tentu tidak merasa asing dengan masalah periklanan. Pada dasarnya iklan merupakan salah satu alat dan cara untuk mencapai target-target penjualan.
Dalam bisnis offline sudah lama dikenal adanya berbagai media, mulai dari media cetak seperti kartu nama (yang satu ini jangan sampai dianggap remeh), koran, majalah, buletin, brosur (folder, poster, flyers, leaflet, booklet dsb.), sampai media dalam ruang (indoor) bangunan penting yang banyak dikunjungi orang (bandara, stasion kereta api, terminal bis, pelabuhan kapal laut, gedung pertemuan, stadion olah raga dsb.).

Animasi Iklan Online

Animasi Iklan Online

Apalagi dengan berkembangnya teknologi, iklan online dapat pula dilengkapi dengan gambar bergerak (video, film, animasi dsb). Anda pernah melihat semua itu, kan?
Di atas semua itu ada pula media luar ruang (outdoor) seperti baliho, billboard sampai pada iklan bergerak seperti kereta api, bis, taxi dsb. pun digunakan sebagai sarana pemasaran.
Perkembangan teknologi menciptakan tambahan media iklan. Sekarang ini ditambah dengan media elektronik yang semakin semarak digunakan sebagai media iklan, tidak lain disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak ditemukannya sistem komunikasi telepon, telex, faximil serta dewasa ini dilengkapi dengan adanya CP (Cellular Phone) dan PC (Personal Computer) dengan fiturnya yang semakin canggih dilengkapi fasilitas komunikasi tidak hanya dengan satu orang belaka, melainkan bahkan dengan berjuta orang. Hal itu disebabkan karena tersedianya berbagai moda komunikasi bukan hanya email dan chatting tapi juga media sosial yang berkembang semakin meluas jaringannya. Tidak kalah pentingnya inovasi telekomunikasi melalui PC yang dewasa ini dikenal dengan sebutan Skype serta Teleconference memberikan peluang pemasaran yang semakin luas (extensive).
Dengan demikian, jaringan pemasaran bisnis Anda memiliki semakin banyak pilihan, baik yang offline maupun online. Apalagi jika Anda kombinasikan antara yang offline dengan online. Pasti SERU.
Semua media iklan tersebut di atas bisa digunakan untuk kepentingan pemasaran produk dalam berbagai usaha, baik usaha jasa maupun barang. Baik yang offline maupun online. Meski begitu, media iklan online memiliki beberapa keunggulan dibanding iklan offline, antara lain sebagai berikut:

Iklan online

  • Waktu: Selama kontrak, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar seluruh dunia, tidak terbatas oplah.
  • Pembaca: Dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu orang. Tidak mustahil mencapai jutaan.
  • Biaya: Relatif lebih murah. Bahkan banyak yang menawarkannya secara gratis. Pembayaran sekali pasang untuk sejumlah klik/hit, lead atau impression yang lebih mudah dimonitor secara terukur, bahkan secara real time, meskipun tiap klik/hit, lead atau impression tidak mesti membawa pembaca untuk membeli (konversi penjualan). Dengan biaya yang dikeluarkan untuk iklan di media cetak, dapat digunakan untuk mencapai pembaca online yang lebih luas, di berbagai belahan dunia.

Iklan offline (khususnys media cetak)

  • Waktu: Koran, satu hari; Majalah, seminggu, sebulan, triwulan. Jumlah pembaca terbatas pada oplah.
  • Pembaca: Dalam waktu yang sama, maximal 2 (dua) sampai 4 (empat) orang dikalikan jumlah oplah.
  • Biaya: Relatif Lebih mahal. Pembayaran atas dasar frekuensi pemasangan (lebih sukar memonitor jumlah orang yang melihatnya serta “pengaruhnya”). Yang membaca atau melihatnya juga belum tentu menghasilkan penjualan.

Karena alasan itulah, iklan online semakin hari semakin populer dan banyak digunakan oleh bisnis offline sekalipun. Dari usaha kue sampai perusahaan penerbangan pun banyak menggunakan media online.
Nah, jika Anda harus memasang iklan, media manakah yang Anda pilih ?

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>