MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


Generasi Teknologi Informasi

News

THEORI GENERASI DAN REVOLUSI MENTAL

Upaya melakukan revolusi mental suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai generasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebuah generasi bisa dikaitkan dengan karakter dan sifat seseorang, yang membentuk mentalnya dan senantiasa berubah dari generasi ke generasi berikutnya. Dewasa ini berkembang Theori Generasi yang membagi menjadi Generasi X, Y, Z dan Alpha. Pada dasarnya, Generasi X Y Z dan Alpha identik dengan perkembangan teknologi di masanya. Sebenarnya di setiap generasi tersebut memiliki banyak teori, tetapi disini akan dibahas secara umum mengenai generasi Boomer X Y Z dan juga Alpha.

Nama Generasi

1. Baby Boomer (lahir tahun 1946 – 1964)

2. Generasi X (lahir tahun 1965-1980)

3. Generasi Y (lahir tahun 1981-1994)

4. Generasi Z (lahir tahun 1995-2010)

5. Generasi Alpha (lahir tahun 2011-2025)

Setiap generasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang harus kita lakukan adalah menghormati satu sama lain, terlebih di era perkembangan teknologi yang kian maju saat ini. Uniknya, perselisihan jurang perbedaan NILAI/VALUE sering terjadi antara generasi.

Baby Boomer

Kita yang lahir dan besar pada era Generasi Boomer belum mengenal teknologi. Untuk saat ini pun apabila mereka bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa kini, bisa dikatakan Hebat!, karena pada dasarnya seusia mereka saat ini sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi.  Apalagi bagi Generasi sebelumnya yang lahir di masa 1935-1945 akan merupakan seseorang yang ‘istimewa”, mengingat usianya pun sudah sekitar 80-an.

Generasi X

Generasi yang lahir disekitar tahun 1965-1980 atau pada tahun ini usianya antara 36-50 tahun. Pada generasi teknologi sudah mulai bermunculan, diantaranya komputer, internet, dll. Generasi X merupakan peralihan dari teknologi mekanik atau analog menjadi teknologi serba digital, namun pada era Generasi X ini juga mereka merasakan yang namanya internet lemot, sehingga bisa dibilang pada masa kini Generasi X sangat menikmati internet yang sudah mulai cepat.

Generasi Y

Lahir disekitar tahun 1981-1995 atau pada tahun ini usianya antara 21-35 tahun, Dimasanya ini, teknologi mulai berkembang pesat, sebut saja sms, email, chating, dsb. Generasi Y adalah generasi yang multi-tasking, contohnya belajar sambil mendengarkan musik, dan yang paling sering adalah bermain game tanpa perlu baca petunjuk, itulah Generasi Y. Generasi Y merupakan generasi yang dapat mengikuti trend seiring pesatnya perkembangan teknologi. Pada umumnya generasi ini mendominasi sebagai pekerja di dalam negeri. Bahkan pekerja dari rumah, misalnya berbisnis atau pekerjaan lainnya secara online.

Generasi Z

Dikenal dengan istilah iGeneration, merupakan generasi yang lahir disekitar tahun 1996-2010 atau pada tahun ini usianya antara 6-20 tahun. Di masa Generasi Z internet sudah mulai berkembang dengan sangat baik, sehingga pada Generasi ini disebut juga iGeneration. Pada Generasi Z ini, mereka sudah terbiasa melihat orang lain menggunakan gadget, sehingga sangat mudah untuk Generasi Z ini beradaptasi dengan teknologi.

Streaming sampai aktif di sosial media merupakan hal yang biasa dilakukan oleh Generasi Z, bahkan bisa dibilang 2 aktifitas tersebut sudah sangat sulit untuk ditinggalkan dari keseharian.

Generasi Alpha

Generasi ini bisa dibilang generasi kelahiran yang merasakan teknologi sudah mulai canggih. Generasi Alpha merupakan generasi yang lahir disekitar tahun 2011-2025, atau pada tahun ini usianya dibawah 7 tahun. Di masa Generasi Alpha ini mereka sudah disuguhkan bahkan diajarkan kedua orang tua mereka dengan berbagai teknologi canggih (smartphone, tablet, dll) hal itu sudah menjadi bagian dari sehari-hari. Diprediksi, mereka yang lahir di Generasi Alpha menyimpan semua datanya secara online, bisa kita lihat dari perkembang zaman belakangan ini dengan teknologi cloud computing. Dan bukan hal yang tidak mungkin, pada Generasi Alpha kemajuan teknologi yang lebih super canggih dari saat ini bisa lahir ditangan Generasi Alpha.

Disadur dan re-edit dari berbagai sumber.

No Comments

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>