MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


BAGAIMANA MEMASARKAN BISNIS AFILIASI AGAR MENGUNTUNGKAN (Bagian II)

Marketing

Dalam tulisan saya yang lalu telah dibahas 4 anjuran (tip) “Bagaimana Memasarkan Bisnis Afiliasi Agar Menguntungkan”. Berikut ini ada lagi beberapa tip tambahan untuk melengkapinya, sebagaimana saya janjikan.

  • Bersikap selektif. Inti dari bersikap selektif adalah guna mendapatkan produk atau jasa yang sesuai untuk bisnis afiliasi Anda, – dalam hubungannya dengan kebutuhan dan selera pembaca -, iklan dan cara promosi yang paling efektif, disain grafik paling banyak “di-klik”. Jika perlu, ubahlah dan cobalah text maupun disain yang berbeda. Bukan mustahil pelaksanaannya akan makan waktu bukan sedikit untuk mendapatkan “formula” yang terbaik. Bukan mustahil pula Anda akan perlu mengganti iklan secara teratur untuk “memikat” perhatian.
  • Bandingkan Beberapa Program yang berbeda. Dari beberapa program yang Anda bandingkan pilihlah program yang sesuai dengan tujuan Anda, dan yang terpenting adalah produk, yang menurut “hati nurani” Anda, banyak dibutuhkan. Jika tidak sesuai tak ada salahnya mencoba yang lain. Anda akan melihat program-program itu berbeda satu dari lainnya, baik, produknya, jasa pelayanan maupun struktur pembayarannya (besarnya komisi, tenggang waktu pembayaran, hak-hak pembeli, diskon, bonus dsb). Kadang ada yang memberikan hak penjualan kembali (resale / resell) seumur hidup tapi ada juga yang membatasinya. Di antara program itu banyak yang memberikan perangkat iklan yang flexibel baik ukuran/format maupun warna untuk disesuaikan dengan warna dan disain situs Anda. Anda perlu juga melihat siapa yang akan dijadikan sumber afiliasi Anda. Apakah informasinya cukup “terbuka” (transparan).
  • Isi Tulisan Tanpa Kadaluwarsa. Jika pengunjung menjumpai tulisan bertanggal lama, kecenderungannya mereka akan segera meninggalkannya. Padahal tulisan Anda yang lama masih dapat dibuat bernilai sejalan dengan waktu meskipun tidak lagi berada di halaman depan (frontpage). Topik yang berlaku sepanjang waktu adalah salah satu cara tulisan Anda tidak kadaluwarsa. Kita tahu, informasi selalu ada yang baru seiring perjalananan waktu, sehingga tulisan yang relevan senantiasa berubah cepat. Namun dengan mengkaitkannya (dengan membubuhkan “link”) pada tulisan lama yang sudah di-update dapat memperpanjang usia relevansi tulisan Anda. Mungkin Anda seringkali memperhatikan berbagai tatanan (platform) yang menampilkan “most recent posts” (artikel terbaru), “most popular posts” (artikel terpopuler) atau “related articles” (artikel terkait) sehingga memberikan peluang untuk artikel lama tetap dapat diakses. Dengan demikian artikel Anda yang lama akan menghasilkan uang sepanjang masa.
  • Bersikap sabar. Inti dari bersikap sabar adalah untuk mencapai “passive income” bukan seketika (intant), melainkan dalam jangka panjang (masa depan). Kenyataan membuktikan bahwa keberhasilan Bisnis Afiliasi berlangsung sejalan dengan waktu, bukan dalam seketika. Mungkin Anda ingat, ada program afiliasi yang menawarkan “penghasilan seumur hidup”. Hal itu dimungkinkan karena seorang “pembeli yang Anda peroleh” akan menghasilkan uang bagi Anda meskipun dia tidak kembali kepada Anda sekalipun, asalkan Anda masih memelihara agar link referensi (referral link) Anda “tetap hidup” dalam artikel lama Anda, maka masih bisa menghasilkan. Agaknya perlu dicamkan, bahwa program afiliasi “bukan program cepat kaya”, melainkan memberikan peluang untuk berpenghasilan pasif masa depan (future passive income). Maka, kata kuncinya adalah KESABARAN.
  • Tetap semangat. Jangan pernah merasa bosan atau malas untuk mengelola dan mengembangkan bisnis Anda, dengan jalan memonitor kecenderungan dan menggali peluang baru. Anda akan ditinggal waktu, jika Anda berpuas diri dengan strategi Anda. Lengkapi diri Anda dengan informasi mutakhir (up-to-date) tentang program afiliasi Anda, seperti produk baru, unit iklan terbaru, pemasang iklan baru, dan perangkat iklan lainnya yang digunakan secara teratur waktunya untuk memperbiki manfaat dan penampilannya. Perubahan sekecil apapun akan memberi manfaat untuk memotivasi pembaca agar mengambil tindakan, … tentu yang sesuai dengan harapan Anda … kan?
  • Utamakan Isi Tulisan. Yang terpenting dari yang penting adalah Isi Tulisan itu sendiri, yang harus menjadi prioritas pertama. Mengapa…? Isi tulisan Anda adala jiwa Anda dan merupakan jantung kelangsungan hidup situs Anda. Pembaca tidak akan datang karena isi tulisan Anda yang kurang bernilai, tidak bermanfaat, dsb. Pusatkan perhatian pada tulisan bermutu, yang mampu menggerakkan mesin penghasil uang. Jika Anda mengabaikannya, untuk menulis artikel bermutu, yang sesungguhnya bermanfaat untuk menghasilkan uang, Anda akan ditinggalkan para pembaca … dan kehilangan peluang untuk memperoleh penghasilan dari iklan Anda, baik yang berdasarkan CPM/PPM (Cost Per Mille/Pay Per Mille), CPC/PPC (Cost Per Click/Pay Per Click) maupun berdasarkan referensi (referral).

Nah, Anda punya pendapat? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

3 Comments

3 Comments

  1. Tjandra DannyNo Gravatar  •  Mar 29, 2009 @01:30

    Tulisan seperti ini nih saya musti belajar dari orang-orang seperti ini!
    hehehe

  2. mashengkyNo Gravatar  •  May 1, 2009 @10:29

    sales letter, copywriting.. itulah kunci dari income di internet

  3. LehmannNo Gravatar  •  May 3, 2009 @21:11

    Makasih Mas Henky atas kunjungannya. Saya baca di blog mas Henky, mau ke Eropa ya. Ditunggu oleh-oleh kisah perjalanannya.

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>