MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


BAGAIMANA MEMASARKAN BISNIS AFILIASI AGAR MENGUNTUNGKAN (Bagian I)

Marketing

Besarnya penghasilan dari program afiliasi (affiliate program) sudah banyak dibicarakan orang. Meskipun demikian, saya merasa tidak ada salahnya untuk membahasnya, mengingat pentingnya pemasaran untuk membuat program afiliasi menjadi bisnis yang menguntungkan. Kuncinya sangat tergantung pada “keterlibatan pembaca/pengunjung situs”.  Berbeda dengan iklan yang menghasilkan uang, baik berdasarkan perhitungan penampilan (by impression) maupun pembayaran per klik (PPC=pay per click atau CPC=cost per click), afiliasi mendapat “bayaran” (komisi) hanya jika suatu “tindakan spesifik” terjadi. Tindakan spesifik dimaksud, boleh jadi suatu transaksi jual-beli atau pendaftaran untuk bergabung. Selain dari itu, Anda tidak mendapat apapun sebagai pembayaran sampai Anda berhasil “mengikat” pembaca Anda untuk bertindak (take action).

Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa petunjuk penting agar pemasaran bisnis afiliasi mencapai sukses.

  • Mengenali pasar sasaran. Mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pembaca / pengunjung situs merupakan cara paling berhasil digunakan untuk pemasaran program afiliasi. Untuk itu, pikirkanlah untuk apa mereka datang ke situs Anda dan apakah Anda menyediakan produk yang mereka cari? Yakinkah Anda bahwa produk afiliasi yang Anda tawarkan adalah solusi bagi masalah yang dihadapi mereka? Misalnya, jika Anda menulis atau menawarkan program musik / lagu-lagu, jangan Anda menampilkan iklan tentang program afiliasi, … hanya karena program itu menghasilkan banyak uang, atau … Anda menampilkan iklan makanan hanya karena  semua orang butuh makan. Jadi …, semakin erat hubungan iklan itu dengan kepentingan pembaca Anda, semakin besar peluangnya untuk mereka gunakan.
  • Bersikap terpercaya. Jika situs Anda kurang terpercaya, mereka akan segera meninggalkan situs Anda dan tidak akan kembali. Misalnya karena Anda mempromosikan produk yang Anda sendiri tidak yakin atas kualitas atau keberhasilannya. Atau Anda memanfaatkan peluang kunjungan mereka dengan menampilkan terlampau banyak iklan. Ingat bahwa para pengunjung situs Anda cukup banyak yang cerdik, mereka tahu jika mereka melihat link afiliasi. Sebaliknya jika situs Anda “terpercaya”, … yakinlah bahwa mereka akan menandainya dengan “bookmark” untuk kembali lain waktu.

Catatan: Saya sendiri juga berbuat seperti itu.
Jika situs Anda “terpercaya”, … yakinlah situs Anda akan didatangi oleh “repeat visitors” (pengunjung ulangan / pelanggan setia), dan … pengunjung ulangan inilah yang menghasilkan arus pengunjung, karena mereka memberi “linkback” serta menyebarkan “berita” tentang situs Anda dan merekomendasikannya kepada yang lain. Jika mereka tidak percaya lagi, maka mereka tidak akan lagi membaca apapun yang ada di situs Anda.

  • Bersikap membantu. Pernah terjadi pada saya, karena ingin bersikap membantu, saya cantumkan daftar “bacaan” yang dapat dijadikan acuan bagi para pembaca. Namun, apa yang terjadi? Hal itu merupakan kesalahan yang “fatal”, mereka tidak berlama-lama di situs saya, cepat pergi dan malah mungkin … asyiiik … berada di situs yang linknya saya tampilkan.

Namun bagaimanapun, bersikap membantu sangat diperlukan, terutama dengan jalan membuat situs Anda berfungsi baik sebagai “sumber informasi”, “sumber pertolongan dalam memberikan informasi” dan “bermanfaat” bagi yang memerlukan informasi, terutama yang terkait dengan isi situs Anda.
Jika Anda ingin merekomendasikan sebuah buku, buatlah review-nya, dan biarkan iklan afiliasinya yang mengantar mereka ke link yang dibutuhkannya. Itulah gunanya iklan afiliasi.

  • Bersikap transparan. Bersikap transparan merupakan hal yang sangat dihargai dan dinilai oleh pembaca sebagai kejujuran. Menyingkap latar belakang bisnis afiliasi adalah salah satu cara untuk bersikap jujur dan transparan. Dengan demikian para pembaca tidak akan merasa “ditipu” atau “dibohongi”, bahkan akan “merasa senang” untuk bergabung. Ingat bahwa mereka cukup “cerdik” untuk melewatkan situs Anda dari rencananya berkunjung dan langsung menuju situs “induk bisnis”-nya (vendor) karena menghindarkan diri memberi “peluang bagi Anda” untuk mendapatkan komisinya. … Rugi kan …? Mereka sadar bahwa mereka “menunjang Anda dengan menggunakan link acuan (referral link) Anda. Maka untuk membuat mereka “senang” dan “sukahati”, bersikap transparan adalah jawaban yang menjadi bagian dari upaya mendapatkan “kesetiaan pembaca” (reader’s loyalty).

Saya kira sebaiknya tulisan saya kali ini saya tutup dulu agar tidak membosankan. Harap bersabar menunggu kelanjutannya mengenai “Bagaimana Memasarkan Bisnis Afiliasi Agar Menguntungkan”.

9 Comments

9 Comments

  1. BlogBisnisMuklis|Starting the steps of what you think is the first step towards your successNo Gravatar  •  Mar 10, 2009 @21:38

    Boleh juga nih mas tipsnya walau baru satu, di tunggu kelanjutannya ya mas Lehman, salam sukses untuk anda

  2. bymeNo Gravatar  •  Mar 11, 2009 @07:35

    nice infonya bro
    byme salam kenal

  3. SpiderwebizcomNo Gravatar  •  Mar 11, 2009 @18:23

    artikel yang HEBAT, pemilihan produk untuk afiliasi juga sangat penting betul ga mas? seperti sekarang ini, siapa sih pebisnis online atau setidaknya blogger yang tidak membutuhkan SEO, saya telah mencobanya sampai akhirnya: http://snipurl.com/didvq mencapai penjualan pertama saya dalam SATU HARI, karena apa? Karena kita memilih produk yang tepat. Thanks for sharing.

  4. LehmannNo Gravatar  •  Mar 15, 2009 @13:03

    Trims atas kunjungannya, spiderwebizcom. Kita sama-sama saling mengisi. Saya sendiri masih bau … eh … BARU, maksudnya, di bisnis internet ini. Hebat juga tuh, snipurl-nya, saya barusan lihat. Lain kali saya datang lagi. Salam sukses, ya.

  5. rizalNo Gravatar  •  Mar 17, 2009 @12:04

    Wah programnya sama nih dengan website saya. Untuk membuat website program affiliasi silahkan kunjungi http://bisnisrizal.com

    Salam action

  6. Handicraft IndonesiaNo Gravatar  •  Jul 31, 2009 @16:21

    Teman, disini ada bisnis afiliasi menarik :

    http://edipeni.com/index.php/reseller/Reseller.html

    Modal 0 , HALAL, JUJUR, Jelas Untungnya, mudah, memasarkan produk2 Indonesia (handicraft dari Kerang).

    Saran : sebaiknya dikunjungi 🙂

  7. MarselloNo Gravatar  •  Aug 12, 2009 @16:22

    Tips dan Trik serta Artikel Komputer terlengkap di Indonesia.

    Untuk kepentingan sendiri,keluarga,kenalan,dan bagi siapa saja
    yang mau mempelajari Perkembangan Dunia Internet.Kami sajikan secara gamblan dan sederhana, sehingga mudah untuk dipelajari oleh siapa saja.
    Wajib membuka

    http://www.MarselloGinting.com

    Kami Hadir Untuk Kemajuan Anda.
    Dan Seluruh Keluarga Anda.
    Salam,
    Marsello

  8. HostingBebasNo Gravatar  •  May 14, 2010 @08:41

    Halo…,
    Kami, HostingBebas, membuka seluas-luasnya kesempatan Anda untuk mendapatkan komisi 25% dari hasil penjualan hosting kami.
    Tertarik ?
    Kunjungi http://max-income.hostingbebas.com/ .

    Hosting kami dijamin dapat bersaing dan mudah untuk dipasarkan. 🙂

  9. Belanja MurahNo Gravatar  •  May 25, 2010 @14:18

    Sebagai tambahan saja daftar PPC lokal yang OK pny yaitu negeriads.com, yang mau tau lebih lanjut bisa kunjungi link dibawah ini.
    http://www.noeyshop.co.tv/2010/05/ppc-dalam-negeri-terpercaya.html
    thanks

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>