MENGGALI ILMU MENDULANG UANG


ANTARA IMPIAN, MOTIVASI, UPAYA DAN SUKSES

Enterpreneurship

STOP DREAMING START ACTION … and … KEEP ON YOUR ACTIONS ROLLING !!!
KEEP ON YOUR ACTIONS ROLLINGSemakin dalam Anda menekuni Bisnis, Anda akan semakin yakin bahwa SUKSES itu perlu – bahkan harus – dicapai dengan UPAYA TANPA HENTI. Tanpa upaya keras, sulit – bahkan mustahil – sukses dapat tercapai.
Di samping itu, untuk UPAYA TANPA HENTI perlu – bahkan HARUS ada motivasi, – baik dari dalam (internal) seperti angan-angan, impian, cita-cita atau obsessi dan semangat -, maupun dari luar (external), – dari bangku sekolah/kuliah, bacaan (buku, koran, majalah, blog dsb.), atau pengalaman orang lain.
Di bawah ini, saya sampaikan sebuah cerita mengenai UPAYA TANPA HENTI yang berakhir SUKSES. Cerita ini sudah sering disampaikan oleh banyak orang, bahkan banyak juga yang sudah menulisnya. Mungkin Anda sudah pernah mendengar atau membaca cerita ini, yaitu tentang dua  Suku A dan B yang desanya mengalami kekeringan karena musim kering yang berkepanjangan.
Tari_tradisionalPendek cerita, kedua penduduk Desa Suku itu mengadakan upacara memohon hujan dengan cara menari-nari sebagaimana lazimnya adat dan kepercayaan mereka masing-masing.
Setelah beberapa hari dilakukan upacara itu, suku A sudah merasa tidak berhasil sehingga menghentikan upacara tariannya dan menugaskan “pionir” untuk “mengintip” apa yang dikerjakan suku B, karena menurut berita, – tidak resmi -, di desa suku B berhasil turun hujan. Ternyata berita itu benar, masyarakat suku desa B melakukan upacara tarian itu sehingga menghasilkan hujan.
Maka kembalilah pionir suku A ke desanya dan melaporkan bahwa berita itu benar, di desa B berhasil turun hujan setelah upacara yang sama seperti yang dilakukan oleh suku A.
Akhirnya kepala suku A memutuskan untuk melakukan lagi upacara … Satu jam, dua jam … sehari, dua hari … seminggu, dua minggu … belum juga berhasil turun hujan. Masyarakat suku A mulai lagi merasa putus asa dan mengusulkan kepada kepala suku untuk menghentikan upacara … Suku A akhirnya menyerah, dan pergilah Kepala Suku A itu berkunjung ke desa Suku B.
Dalam kesempatan itu dengan berat hati dan malu-malu, Kepala Suku A menanyakan bagaimana caranya bisa mendatangkan hujan dengan upacara yang dilakukannya, sedangkan di desanya (Suku A) dengan melakukan upacara yang sama tidak juga turun hujan. Maka terjadilah dialog seperti di bawah ini.
Kepala Suku B (KS-B) bertanya: “Berapa hari kalian melakukan upacara itu?”
Kepala Suku A (KS-A) menjawab dengan semangat: “Dua Minggu, pak”.
KS-B: “Lantas, setelah dua minggu kalian menghentikan upacara?
KS-A: “Betul, pak”.
KS-B: “Nah, itulah bedanya … dengan yang kami lakukan”.
KS-A: “Apa bedanya, pak?”.
KS-B: “Kami tidak menghentikan upacara setelah dua minggu, karena belum turun hujan”.
KS-A: “Lantas …?”
KS-B: “Kami baru menghentikan upacara setelah … terjadi turun hujan”.
KS-A: “Oooooo…!”
Apa yang dapat kita tarik pelajaran dari PESAN yang terkandung dalam cerita di atas sangat sesuai dengan semangat Stop Dreaming Start Action, dan artikel saya terdahulu yang diterbitkan untuk Kontes SEO Joko Susilo, “KEEP ON YOUR ACTION ROLLING TILL YOUR DREAMS COME TRUE” yang pesannya memotivasi semangat  “Action Terus Sampai Berhasil” seperti yang dianjurkan Joko Susilo dalam artikelnya “5-Hal Yang Melejitkan Orang-orang Menjadi Sukses”, di mana KERJA KERAS merupakan salah satu dari 5-Hal tersebut.
Yang seringkali dilakukan orang adalah melupakan impiannya setelah gagal sekali, gagal duakali, … atau gagal ketiga kalinya.  Putus asa … dan … frustrasi. Padahal kalau upaya Anda dilanjutkan tanpa henti (action … and keep on action) sampai impian terwujud, maka Insya Allah, cepat atau lambat Anda dapatkan Impian Anda.
Ilmu manajemen mengajarkan: “Tidak ada yang salah dengan kerja keras. Yang salah adalah kerja keras tanpa efisiensi dan efektivitas”… ?!? Effisiensi dan Effektivitas menghasilkan Produktivitas … menuju KEBERHASILAN … alias … SUKSES. Tapi kita perlu juga ingat, bahwa meskipun sudah sukses, upaya pun harus selalu dilakukan agar sukses pertama menghasilkan sukses berikutnya. … Setuju?

Salam Action, Tetap Semangat !

5 Comments

2 Comments

  1. MunirNo Gravatar  •  Oct 17, 2009 @00:40

    setujuu… intinya “takkan patah walau diterjang, takkan hilang walau terhalang….” tetap semangat dan salam ACTION

  2. doowerNo Gravatar  •  Nov 23, 2009 @23:14

    niat , tekad aja tidak cukup… anda harus tau ilmunya atau anda akan membuang waktu anda

3 Trackbacks

Leave a Reply

Allowed tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>