Browsing the blog archives for March, 2012.


Beberapa Prinsip Populer dalam Berbisnis

Enterpreneurship

Saya sering mendengar, – mungkin Anda juga -, beberapa pelaku bisnis mengatakan bahwa dalam berbisnis banyak prinsip yang harus kita pegang teguh supaya bisnisnya sukses. Yang saya tahu ada beberapa prinsip yang dipegang kalangan bisnis, antara lain bahwa :

  • Waktu adalah Uang;
  • Mancing Ikan Besar, Umpannya Besar. Pebisnis Amerika mengatakan, kalau kamu hanya berumpan “kacang” hanya akan mendapat “monyet” (bukan gajah);
  • Untung sedikit, asal laku banyak, dsb., dsb.

Lain lagi dengan pakar Pemasaran Philip Kotler yang menyatakan bahwa marketing itu tidak hanya dilakukan oleh pihak penjual saja, melainkan pihak pembeli pun melakukannya. Dalam hubungan ini banyak orang bertanya, termasuk mahasiswa saya (sewaktu saya masih mengajar), – mungkin Anda juga bertanya-tanya -, masa iya sih? Mengenai hal ini, di Indonesia, sangat banyak dan mudah dijumpai sebagai bukti bahwa pemasaran itu dilakukan juga oleh pembeli. … Tahan dulu. Nanti saya beritahukan di akhir artikel ini.

Waktu adalah Uang

Prinsip yang satu ini mudah diucapkan, susah dilaksanakan. Maksud dari prinsip yang berbunyi agak sloganistis itu tidak secara harfiah, yang berarti kalau kita punya waktu maka kita punya uang, bukan itu, melainkan merupakan prinsip bagi pebisnis agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk sesuatu yang bisa menciptakan uang. Artinya, menggunakan waktu secara produktif, apakah untuk berproduksi, atau mencari pelanggan / pembeli dengan cara promosi dan sejenisnya.
Meskipun demikian ada kegiatan atau pekerjaan yang menghasilkan uang sesuai

Continue Reading »

4 Comments

KEUNGGULAN IKLAN ONLINE

Advertising

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, baik online maupun offline, tentu tidak merasa asing dengan masalah periklanan. Pada dasarnya iklan merupakan salah satu alat dan cara untuk mencapai target-target penjualan.
Dalam bisnis offline sudah lama dikenal adanya berbagai media, mulai dari media cetak seperti kartu nama (yang satu ini jangan sampai dianggap remeh), koran, majalah, buletin, brosur (folder, poster, flyers, leaflet, booklet dsb.), sampai media dalam ruang (indoor) bangunan penting yang banyak dikunjungi orang (bandara, stasion kereta api, terminal bis, pelabuhan kapal laut, gedung pertemuan, stadion olah raga dsb.).

Animasi Iklan Online

Animasi Iklan Online

Apalagi dengan berkembangnya teknologi, iklan online dapat pula dilengkapi dengan gambar bergerak (video, film, animasi dsb). Anda pernah melihat semua itu, kan?
Di atas semua itu ada pula media luar ruang (outdoor) seperti baliho, billboard sampai pada iklan bergerak seperti kereta api, bis, taxi dsb. pun digunakan sebagai sarana pemasaran.
Perkembangan teknologi menciptakan tambahan media iklan. Sekarang ini

Continue Reading »

No Comments