Browsing the blog archives for May, 2009.


HUBUNGAN BRAND DENGAN PEMASARAN PRODUK

Marketing

Contoh Brand dari Produk KecapDiskusi tentang “Lebih Penting Mana, Brand atau Produk?” beberapa waktu lalu, di blog JokoSusilo.com menarik dan menggugah saya menulis soal itu, terutama mengenai hubungannya dengan fungsi pemasaran suatu produk.

Kita mengenal beberapa fungsi marketing, salah satu di antaranya adalah “branding”. Dalam komentar saya pada blog tersebut, brand itu seharusnya melekat pada produk. Dalam arti … tanpa produk, – apa yang akan diberi brand? Ketika itu saya memberi contoh, kalau kita mendengar “rojolele” – yang terpikir oleh kita adalah “beras”. Tapi, kalau kita mendengar kata beras, bisa bermacam-macam brand yang melintas di pikiran kita. Bisa “rojolele”, bisa “setra ramos”, bisa “pandan wangi” dsb. Padahal produknya adalah beras-beras juga.

Kalau Anda bicara soal mobil, terlintas dalam pikiran Anda berbagai “merk”

Continue Reading »

4 Comments

ACTION, Maju Selangkah – Mundur Dua Langkah

Enterpreneurship

Anda harus mengambil “Langkah Seribu” untuk sukses. Biasanya orang yang mengambil langkah seribu adalah orang yang lari ketakutan.

Maju Selangkah - Mundur Dua LangkahDalam hal bisnis online juga berlaku, agar anda mencapai sukses perlu mengambil langkah seribu. Dalam arti, ketakutan “tertinggal” oleh yang lain. Tapi jangan ragu untuk mengambil “langkah pertama”. Karena, sebuah filsafat mengatakan, “Seribu Langkah tidak akan tercapai tanpa Langkah Pertama”. Jadi, selalu harus ada langkah pertama. (Lihat Mr. Action Campaign di Side Bar kanan).
Dan jangan pernah mundur. Karena Bung Karno pun, tahun 1963,

Continue Reading »

13 Comments