Browsing the blog archives for March, 2009.


ANDA INGIN SUKSES ?

Enterpreneurship

There’s only one success – to be able to spend your life in your own way (Christopher Morley), yang artinya kira-kira:

Hanya ada SATU SUKSES – yaitu: Untuk dapat menempuh hidup Anda dengan cara Anda sendiri.

Dalam artikelnya baru-baru ini, mas Joko Susilo mengutarakan 5-hal untuk menjadi orang sukses: 1. Mencintai yang Anda Lakukan; 2. Berorientasi Pada Tujuan; 3. Berkumpul di Lingkungan  Orang Sukses; 4. Percaya Diri; dan 5. Bekerja Keras.
Mungkin kita semua memiliki keinginan untuk sukses. Namun tidak semua orang yang memenuhi kriteria di atas. Mungkin di antara Anda ada yang sudah memenuhi kriteria itu, namun belum juga mencapai sukses. Anda tahu, meskipun TAKDIR di Tangan TUHAN, … namun NASIB berada di tangan kita.
Di antara Anda pasti ada yang bertanya bagaimana cara melaksanakannya.
Saya ingin mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyan tersebut, dengan berbagi pengalaman saya sendiri, meskipun saya yakin saat ini Mas Joko sedang menyiapkan artikel mengenai hal itu dan dalam beberapa hari mendatang dapat diharapkan akan muncul artikelnya mengenai jawaban menurut pandangannya.

Inilah beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman saya pribadi:

1. Bagaimana memelihara sikap Mencintai yang dilakukan?

  • Pilihlah bidang yang ANDA SUKAI (CINTAI);
  • Jangan menilai pekerjaan atau bidang pekerjaan Anda secara “a priori” negatif;
  • Jangan pernah, … saya ulangi … jangan pernah mengatakan pada diri sendiri: “pekerjaan ini membosankan”, karena “kebosanan” akan benar-benar TERPICU dan menghantui Anda sendiri;
  • Continue Reading »

8 Comments

BAGAIMANA MEMASARKAN BISNIS AFILIASI AGAR MENGUNTUNGKAN (Bagian II)

Marketing

Dalam tulisan saya yang lalu telah dibahas 4 anjuran (tip) “Bagaimana Memasarkan Bisnis Afiliasi Agar Menguntungkan”. Berikut ini ada lagi beberapa tip tambahan untuk melengkapinya, sebagaimana saya janjikan.

  • Bersikap selektif. Inti dari bersikap selektif adalah guna mendapatkan produk atau jasa yang sesuai untuk bisnis afiliasi Anda, – dalam hubungannya dengan kebutuhan dan selera pembaca -, iklan dan cara promosi yang paling efektif, disain grafik paling banyak “di-klik”. Jika perlu, ubahlah dan cobalah text maupun disain yang berbeda. Bukan mustahil pelaksanaannya akan makan waktu bukan sedikit untuk mendapatkan “formula” yang terbaik. Bukan mustahil pula Anda akan perlu mengganti iklan secara teratur untuk “memikat” perhatian.
3 Comments

BAGAIMANA MEMASARKAN BISNIS AFILIASI AGAR MENGUNTUNGKAN (Bagian I)

Marketing

Besarnya penghasilan dari program afiliasi (affiliate program) sudah banyak dibicarakan orang. Meskipun demikian, saya merasa tidak ada salahnya untuk membahasnya, mengingat pentingnya pemasaran untuk membuat program afiliasi menjadi bisnis yang menguntungkan. Kuncinya sangat tergantung pada “keterlibatan pembaca/pengunjung situs”.  Berbeda dengan iklan yang menghasilkan uang, baik berdasarkan perhitungan penampilan (by impression) maupun pembayaran per klik (PPC=pay per click atau CPC=cost per click), afiliasi mendapat “bayaran” (komisi) hanya jika suatu “tindakan spesifik” terjadi. Tindakan spesifik dimaksud, boleh jadi suatu transaksi jual-beli atau pendaftaran untuk bergabung. Selain dari itu, Anda tidak mendapat apapun sebagai pembayaran sampai Anda berhasil “mengikat” pembaca Anda untuk bertindak (take action).

Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa petunjuk penting agar pemasaran bisnis afiliasi mencapai sukses.

  • Mengenali pasar sasaran. Mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pembaca / pengunjung situs merupakan cara paling berhasil digunakan untuk pemasaran program afiliasi. Untuk itu,

    Continue Reading »

9 Comments

PENTINGNYA DISAIN GRAFIK DALAM PENAMPILAN SITUS ANDA

Advertising

Sangat mungkin Anda menilai bahwa disain grafik merupakan hal yang misterius dan boleh jadi tak terbayangkan sama sekali. Padahal tanpa disadari, sehari-hari Anda selalu terlibat dengan hal yang berkaitan dengan disain, semisal mengatur perabot rumah, menata taman, memilih model baju, celana, sepatu dsb.
Maka, selayaknya tidaklah sukar untuk Anda menentukan rancangan produk maupun layanan (service) yang ingin Anda jual atau Anda tawarkan di situs Anda.

Sekarang, mari kita coba memahami pengertian tata-letak (layout) yang merupakan dasar daripada disain grafik.

Layout mengandung pengertian memadukan antara unsur-unsur cetakan huruf (typography), seni (art) dan unsur-unsur lain yang bersifat

Continue Reading »

No Comments